Simulasi Optimasi Jaringan 4G Indosat Ooredoo Di Daerah Bandung Timur Menggunakan Metode Electrical Tilt

  • Muhammad Akbar Wibowo Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Ni Ketut Hariyawati Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Hajiar Yuliana Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: optimasi, electrical tilt, atoll planning software, RSRP

Abstract

Pemanfaatan komunikasi teknologi 4G diharapkan menghasilkan kecepatan jaringan sangat cepat bagi para pengguna. Namun, teknologi 4G ini memiliki beberapa kendala yang menyebabkan kecepatan jaringan menjadi berkurang dan tidak optimal. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dilakukan optimasi jaringan untuk memperbaiki kualitas jaringan agar dapat dipakai dengan optimal. Pada penelitian ini dilakukan proses optimasi untuk memperbaiki kondisi level sinyal Reference Signals Received Power (RSRP) khususnya di area Bandung Timur. Proses optimasi dilakukan dengan menggunakan metode electrical tilt. Optimasi dilakukan dengan menganalisis kondisi level sinyal RSRP aktual berdasarkan hasil drive test kemudian disimulasikan dengan menggunakan Atoll Planning Software. Berdasarkan hasil drive test, didapatkan 7 area badspot dengan level RSRP di bawah -100 dBm, dan area tersebut merupakan area dengan aktifitas kepadatan penduduk yang tinggi. Setelah dilakukan simulasi optimasi electrical tilt dari beberapa site yang telah ditentukan berdasarkan hasil analisis, terdapat perbaikan kondisi level sinyal RSRP jika dibandingkan dengan kondisi aktual. Perbaikan ditunjukkan dengan adanya kenaikan persentase untuk RSRP > -100 dBm dari 83,379% menjadi 86,066%, dan juga terjadi penurunan RSRP <  -100 dBm yaitu dari 17,621% menjadi 13,934%. Hal tersebut menunjukkan optimasi yang dilakukan dapat memperbaiki kondisi level sinyal RSRP di area Bandung Timur.

References

[1] F. Al-Kautsar, "Optimasi Pelayanan Jaringan Berdasarkan Drive Test," 2009.
[2] A. R. Bethan, "Analisa Perbandingan Performansi Jaringan 4G LTE Antara Operator X & Operator Y Di Kecamatan Balikpapan Tengah Tahun 2017," 2018.
[3] A. N. Fajar and E. Devia, "Analisis Dan Optimalisasi Jaringan 4G LTE Dengan Metode Electrical Tilt Menggunakan Drive Test," JURNAL JIIFOR, vol. 1, pp. 78-87, 2017.
[4] A. F. Makarim, "4G Fundamentals And Air Interface," NETCO TEAM, 2021.
[5] Noerhamzah, "telko.id," 2016. [Online]. Available: https://telko.id. [Accessed Januari 2021].
[6] E. R. Azima, "Analisis Optimasi Jaringan 4G LTE Di Wilayah Kecamatan Cimahi Utara Pada Operator Telkomsel," 2019.
[7] H. Yuliana, S. Basuki and H. R. Iskandar, "Peningkatan Kualitas Sinyal Pada Jaringan 4G LTE Dengan Menggunakan Metode Antenna Physical Tuning," Seminar Nasional Sains dan Teknologi, pp. 1-10, 2019.
[8] F. K. Karo, E. S. Nugraha and F. N. Gustiana, "Analisis Hasil Pengukuran Performansi Jaringan 4G LTE 1800 MHz di Area Sokaraja Tengah Kota Purwokerto Menggunakan Genex Asistant Versi 3.18," Jurnal Teknologi Informasi, vol. 16, pp. 116-124, 2019.
Published
2022-01-19