RANCANG BANGUN BATTERY PACK LITHIUM 144V/220AH UNTUK MOBIL LISTRIK

  • Egi Sunardi Universitas Singaperbangsa
  • Maria Bestarina Laili
  • Jelita Permatasari
  • Hanopa Abdul Hidayah
  • Diky Zakaria
Kata Kunci: Baterai pak, Energi, Kapasitas, Kendaraan Listrik, Lithium, Seri Pararel

Abstrak

Perkembangan teknologi kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) semakin pesat dalam berbagai aspek, didorong oleh kebutuhan akan solusi transportasi yang ramah lingkungan dan efisien. Kendaraan listrik digerakkan oleh motor listrik, yang membutuhkan sumber energi berupa baterai yang disusun dalam bentuk battery pack. Battery pack adalah rangkaian sel baterai yang diatur secara seri dan paralel untuk memenuhi spesifikasi energi yang dibutuhkan oleh kendaraan listrik.

              Saat ini, baterai lithium dianggap sebagai pilihan terbaik untuk kendaraan listrik karena memiliki keunggulan dalam hal kepadatan energi dan biaya per siklus dibandingkan jenis baterai lainnya. Pada perancangan battery pack ini, spesifikasi kendaraan memerlukan tegangan 144V untuk menggerakkan motor listrik, dengan target penggunaan selama 5 jam, sehingga kapasitas yang dirancang adalah 220Ah. Baterai yang digunakan adalah jenis Lithium Ferro Phosphate (LFP) dengan spesifikasi 3.2V dan 22Ah. Berdasarkan perhitungan matematis, desain battery pack ini menggunakan 10 baterai pada rangkaian paralel dan 48 rangkaian seri untuk mencapai spesifikasi yang dibutuhkan.

              Perancangan juga mempertimbangkan ruang penyimpanan maksimum di dalam kendaraan, dengan battery pack dibagi menjadi dua bank yang ditempatkan di bagian depan dan belakang kendaraan untuk menjaga pusat gravitasi yang seimbang. Setelah perakitan, pengukuran tegangan menunjukkan bahwa tegangan maksimum yang dicapai adalah      153,6 V. Pengujian dilakukan setelah baterai dipasang pada kendaraan, yang menunjukkan bahwa kendaraan dapat digunakan selama 19 jam dengan kuat arus rata-rata 11,5A.maka dari hasil pengujian dapat dihitung kapasitas baterai sekitar 218.5Ah. hasil pengujian menunjukkan bahwa performa baterai tidak sepenuhnya sesuai dengan perhitungan teoritis, karena adanya faktor seperti karakteristik baterai dan kehilangan energi pada sistem kendaraan.

Referensi

[1] C. Pandya and A. Agrawal, “A Detailed Study on Electric Vehicles,” 2021. [Online]. Available: www.ijcrt.org
[2] E. Sunardi, H. Hindersah, A. S. Rohman, and D. Zakaria, “Compensator Design for Power Loss Reduction on IGBT Switching,” in ICCoSITE 2023 - International Conference on Computer Science, Information Technology and Engineering: Digital Transformation Strategy in Facing the VUCA and TUNA Era, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., 2023, pp. 100–105. doi: 10.1109/ICCoSITE57641.2023.10127822.
[3] V. Tulus and P. Sidabutar, “Kajian pengembangan kendaraan listrik di Indonesia: prospek dan hambatannya,” 2020.
[4] D. Zakaria, H. Hindersah, A. Syaichu-Rohman, and A. G. Abdullah, “PI and PI Antiwindup Speed Control of Switched Reluctance Motor (SRM),” in Proceedings - 2021 International Seminar on Intelligent Technology and Its Application: Intelligent Systems for the New Normal Era, ISITIA 2021, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., Jul. 2021, pp. 46–51. doi: 10.1109/ISITIA52817.2021.9502255.
[5] D. A. Seno, “Rancang Bangun Battery Packlithium 48 V 50 Ah,” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, vol. 2, no. 2, pp. 2809–476, 2022, doi: 10.47709/jpsk.v2i2.1740.
[6] R. I. Sulistyowati, D. W. Karmiadji, L. Ode, and M. Firman, “Studi Kelayakan Jenis Baterai Kendaraan Listrik Roda Empat Dengan Metode Weigthed Objective Untuk Program Kendaraan Listrik Di Indonesia.”
[7] M. Khabibul, A. Rachmanto, L. T. Wibowo, and T. Paramitha, “Review : Metode Sintesis Katoda LiFePO 4 Baterai Lithium-Ion,” 2019. [Online]. Available: http://equilibrium.ft.uns.ac.id
[8] Bryn, “Volkswagen Beetle Type 1.” Accessed: Sep. 01, 2024. [Online]. Available: https://www.dimensions.com/element/volkswagen-beetle-type-1
[9] I. Ashari and A. Faisol, “The Analysis Of Voltage Optimization System With Pararel Series Arranger In Solar Cell,” JEEMECS (Journal of Electrical Engineering, Mechatronic and Computer Science), vol. 3, no. 2, Aug. 2020, doi: 10.26905/jeemecs.v3i2.4731.
[10] M. Aryo Pradhana, T. Andromeda, and D. Y. Christyono, “PENGISI DAYA BATERAI LiFePO4 SEBAGAI SUMBER ENERGI PADA SEPEDA LISTRIK.” [Online]. Available: http://ejournal3.undip.
Diterbitkan
2025-07-03